Rabu, 28 Maret 2012

Makan Pisang Yuk !!!

Diantara macam-macam buah yang ada di Indonesia, salah satu yang aku suka adalah pisang. Tidak hanya buah pisang masak, tapi makanan olahan berbahan dasar pisang juga aku suka. Mulai dari pisang rebus, pisang goreng, nagasari, kolak, carang gesing, pisang aroma, pisang bolen, sampai dengan cake pisang sudah aku coba semua. Dan ternyata buah kegemaranku ini banyak manfaatnya.


Pisang (Musa paradisiaca) memiliki tekstur lembut dengan rasa yang lezat, mudah dikupas dan tidak mengenal musim sehingga tersedia sepanjang tahun. Di beberapa daerah, pisang dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok. Sedangkan untuk olahannya, ada lebih dari 200 resep penganan yang menggunakan pisang sebagai bahan baku.

Nilai gizi pisang sangat baik. Selain kandungan karbohidratnya tinggi, pisang juga kaya akan vitamin (A, B1, B2, B6 dan C), serta mineral (kalsium, kalium, kromium, potasium dan sodium) dengan kadar lemak yang rendah. Karena rendah lemak,maka pisang menjadi buah yang disarankan bagi orang yang berbobot super, juga bagi orang yang sudah tua. Selain cocok untuk diet rendah lemak, buah ini baik juga untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan. Daging buahnya sangat lembut serta mengandung lemak dan minyak sehingga buah ini mudah dicerna tanpa menimbulkan banyak masalah. Makanya dokter spesialis anak sering menyarankan pisang sebagai buah pertama yang dikenalkan pada bayi.

Mengingat kandungan gizi dan manfaatnya yang begitu banyak, ayo kita biasakan makan buah pisang, tapi ingat jangan banyak-banyak ya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar